Update

Diskusi IIPG bersama dengan Komite Nasional Kebijakan Governansi (KNKG) Menghadapi Tantangan Global, Penguatan Governansi melalui Sinergi dan Kolaborasi Multi-stakeholder

Upaya menyelesaikan permasalahan sosial dan ekonomi demi mewujudkan tujuan besar kesejahteraan masyarakat masih menjadi PR bersama bangsa kita. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan mendorong keterlibatan dari berbagai pihak untuk ikut serta dalam praktik governansi yang baik di semua sektor. Pada akhirnya, konsolidasi dari berbagai aktor (multi-stakeholder) akan memperbesar peluang ketercapaian target-target menuju kesejahteraan (welfare).

 Hasil diskusi bersama antara IIPG dan Prof. Mardiasmo, Ketua Umum KNKG yang juga anggota komite pengarah IIPG, mengerucut pada salah satu tujuan dari praktik governansi yang baik adalah meningkatkan daya saing yang sehat dan tinggi bagi Indonesia baik secara regional maupun internasional, dengan cara menciptakan lingkungan sektor publik yang inovatif dan efisien. Upaya ini akan meningkatkan kepercayaan publik yang diharapkan dapat mendorong investasi dan pertumbuhan ekonomi nasional yang berkesinambungan. Namun, sepanjang menuju tujuan tersebut, perlu pemahaman bersama pentingnya menekankan kerja sama dan kolaborasi yang efektif untuk mengatasi tantangan global.

 Melihat lebih jauh, salah satu ultimate goal yang ingin dicapai oleh bangsa adalah negara yang sejahtera (welfare state). Hal ini berkaitan dengan latar belakang bangsa Indonesia yang sangat beragam. Upaya yang bisa dilakukan adalah dengan penguatan governansi di semua sektor serta keterlibatan multi-stakeholder dalam mengkonsolidasikan program-program, kebijakan-kebijakan agar konsisten, efektif dan efisien sebagai sebuah langkah bersama (strategi nasional).