Update

Perkuat Governansi Sektor Publik: Daerah Inovatif dan Berdaya Saing Berkelanjutan

Inovasi Sektor Publik

Inovasi pada sektor publik diharapkan mampu tumbuh seiring dengan perubahan lingkungan strategis, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi atau IPTEK. Inovasi diharapkan juga mampu menjadi pemantik terobosan guna mengakselerasi percepatan reformasi birokrasi. Sehingga penting menumbuhkan budaya berinovasi di kalangan birokrasi, menjaring inovasi yang dilakukan oleh instansi pemerintah, dan memberikan apresiasi bagi penyelenggara yang berkinerja luar biasa dan memiliki terobosan untuk pelayanan publik lebih baik.

 Saat ini hampir setiap pemerintahan daerah di berbagai provinsi, kota dan kabupaten di Indonesia telah melakukan berbagai terobosan pelayanan publik melalui UU No. 25/2009 tentang Pelayanan Publik dan berbagai peraturan turunannya. Tidak hanya ditingkat kepala daerah, fenomena menciptakan terobosan inovatif dan kreatif pun berlangsung pada semua level instansi. Setiap instansi yang memahami terobosan inovatif, dalam pelaksanaannya akan didukung penggunaan teknologi informasi dan komunikasi.. Inilah paradigma baru yang terjadi di dalam pemerintahan daerah, tidak hanya menggunakan cara-cara pendekatan publik yang bersifat tradisional, namun juga melek teknologi informasi dan komunikasi (digital transformation).

 Berkembangnya inovasi penyelenggaraan birokrasi dengan melibatkan peran teknologi informasi dan komunikasi disadari sebagai bentuk kemudahan pemerintah dalam menjalankan pemerintahan terutama dalam tugasnya memberikan pelayanan. Era disrupsi inilah yang akan menggeser budaya birokrasi yang sebelumnya bekerja secara tradisional menjadi elektronik, sebagai bentuk inovasi pelayanan publik yang berfokus dalam penciptaan, pengembangan, dan pelembagaan inovasi. Hal ini tidak dapat dilepaskan seiring perkembangan teknologi yang begitu pesat, dimana teknologi ini memunculkan berbagai inovasi, memunculkan kebaruan dan meninggalkan berbagai sistem tradisional/ konvensional. Semangat inovasi inilah yang perlu dijaga, diwadahi, dan namun hasilnya pun juga perlu diukur untuk mengetahui kebermanfaatan dan dampak inovasi bagi instansi dan masyarakat.