Update

Audiensi IIPG ke Kampus UI Depok Tantangan dan Potensi Pemda dalam Implementasi Governansi Sektor Publik di Era Disrupsi Teknologi

Tantangan terberat Indonesia saat ini adalah mewujudkan kelembagaan manajemen pemerintahan (public governance) yang efisien, bersih dari KKN.  Hal ini senada dengan yang disampaikan oleh Prof. Dr. Eko Prasojo, Guru Besar FIA UI yang juga anggota komite pengarah IIPG. Dalam kesempatan diskusi bersama dengan IIPG, beliau menyampaikan bahwa masyarakat banyak menuntut kualitas pelayanan publik. Untuk itu, hal yang wajar jika pemerintah melakukan perubahan di berbagai sektor pelayanan publik. Melalui deregulasi dan debirokratisasi, pelayanan publik dilakukan dengan pemanfaatan teknologi digital.

 Inovasi dalam digital tranformation memudahkan pemerintah dalam menjalankan governansi pemerintahan. Era disrupsi teknologi menjadi keniscayaan yang diharapkan dipandang sebagai suatu tantangan yang mampu mendorong terciptanya birokrasi yang lincah, kolaboratif dan akuntabel, didukung dengan budaya birokrasi yang berorientasi kinerja dan pelayanan. Melalui perubahan sistem birokrasi dan pelayanan publik, pemerintah Indonesia diharapkan mampu menjawab tantangan global, serta bertransformasi menuju negara maju. Soleh karenanaya, menjadi hal penting bagi pemerintah mendorong reformasi digital hingga ke daerah sebagai bentuk pesatnya perkembangan teknologi, demi mendukung transformasi ekonomi dan inovasi.

 IIPG menyadari pada aras mendasar, bahwa inovasi daerah diharapkan juga mampu menjadi pemantik terobosan guna mengakselerasi percepatan reformasi struktural. Sehingga penting menumbuhkan budaya berinovasi di kalangan birokrasi, menjaring inovasi yang dilakukan oleh instansi pemerintah, dan memberikan apresiasi bagi penyelenggara yang berkinerja luar biasa dan memiliki terobosan untuk pelayanan publik lebih baik. Reformasi pada pelayanan publik mengharapkan perubahan sistematis, menyeluruh dan berkesinambungan agar kinerja dan kualitas pelayanan sektor publik meningkat semakin baik.

 Sebagai salah satu anggota komite pengarah IIPG, Prof. Dr. Eko Prasojo siap mendukung IIPG dalam upayanya mendukung kinerja governansi yang baik dan berkelanjutan pada sektor publik. Lebih jauh, IIPG diharapkan mampu menjadi mitra bagi pemerintah pusat dan daerah dalam cita-cita besar reformasi birokrasi tercapai melalui aktivitas utamanya yakni studi, advokasi, dan asistensi teknis bagi peningkatan mutu pelaksanaan governansi sektor publik.